Adab dalam Menuntut Ilmu ! Adab Murid Terhadap Guru - Habib Umar bin Hafidz - klik1ayat

Adab dalam Menuntut Ilmu ! Adab Murid Terhadap Guru

Posted on

Klik1ayat.com – Belajar ataupun menuntut ilmu adalah sebuah kewajiban, kewajiban yang harus dijalankan bagi setiap orang muslim sesuai dengan perintah Nabi Muhammad SAW. Dan hal yang paling penting untuk diketahui bagi calon penuntut ilmu ialah adab, adab dalam menuntut ilmu sebagaimana adab murid terhadap gurunya.

Mengingat akhir-akhir ini banyak beredar berita baik di media sosial ataupun televisi akan perubahan kultur dalam pendidikan, atau lebih tepatnya ialah hilangnya sebuah keutamaan yang harus dipenuhi dan dipelajari oleh setiap pelajar yang ingin menutut ilmu.

Dalam sebuah kitab klasik “Ta’limul Muta’alim” yang ditulis oleh Syaikh Az Zarnuji beliau menjelaskan akan beberapa adab yang harus dilaksanakan oleh seorang murid terhadap gurunya.

Adab Seorang Murid terhadap Gurunya dalam Menuntut Ilmu

  1. Hendaknya seorang murid tidak berjalan di depan gurunya.
  2. Tidak duduk di tempat gurunya.
  3. Tidak memulai pembicaraan padanya kecuali atas izinnya (jika sudah disuruh untuk bicara).
  4. Tidak banyak berbicara dihadapanya.
  5. Tidak bertanya sesuatu kepada guru di saat beliau sedang lelah ataupun bosan (waktu istirahat ataupun sedang dalam kesibukan).
  6. Menjaga waktu, dan tidak mengetuk pintunya (rumah atau kantor) akan tetapi menunggu dengan sabar hingga guru keluar.
  7. Sejatinya seorang murid itu harus meminta ridhonya guru, menjauhi segala sesuatu yang menyebabkannya marah ataupun murka, dan mentaati serta patuh akan perintahnya selama tidak bertentangan dengan agama.
  8. Dan termasuk dari prilaku menghormati guru ialah menghormati putra-putri beliau serta kerabatnya.
  9. Tidak menyakiti hati atau perasaan seorang guru, itu bisa menyebabkan ilmu yang tidak berkah dan tidak bermanfaat.

Nah, itulah beberapa adab yang perlu diketahui oleh setiap murid yang ingin belajar menuntut ilmu dan bagi murid yang telah duduk di bangku pendidikan.

Sebab dengan adanya adab seorang murid kepada gurunya maka akan membuat hati guru senang dan ridho, titik ini yang nantinya akan menghantarkan seorang murid bisa mendapatkan ilmu yang berkah lagi bermanfaat.

Ada sebuah syair yang terdapat di dalam kitab Ta’limul Muta’alim yang artinya :

Sesungguhnya guru dan dokter itu kedua-duanya tidak akan memberikan nasehat jika mereka tidak dimuliakan. Maka bersabarlah akan rasa sakit yang diderita sebab tak menuruti dokter dan terimalah kebodohanmu sebab tak memuliakan (membangkan, tak sopan) terhadap gurumu.

Belajar yang rajin dan sebisa mungkin muliakan gurumu ketika engkau sedang menuntut ilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *