Bacaan Sholat Dhuha Benar dan Lengkap

Posted on

Ada tuntunan untuk belajar cara bacaan sholat dhuha, terlebih kita sebagai seorang muslim sebaiknya perlu untuk belajar sedini mungkin dengan benar dan lengkap atau sempurna, dari duduk dibangku sekolah SD. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa sholat sunnah dhuha memiliki fadilah atau keutamaan yang amat besar bagi yang mengerjakaanya, terlebih jika dikerjakan secara rutin dan istiqomah.

Sejak duduk di bangku sekolah, guru agama pastilah mengajarkan kita akan pentingnya untuk melaksanakan sholat sunnah dhuha serta apa saja bacaan sholat dhuha itu sendiri. Namun kadang-kadang masih saja terlupakan karena berbagai macam alasan, ada yang lupa, tidak hafal dan tidak tahu sama sekali.

Kami akan membahas sedikit berkaitan dengan Bacaan sholat dhuha, tata cara sholat dhuha, niat sholat dhuha, serta hukum dan keutamaan sholat dhuha.

Hukum Sholat Dhuha

Kita ketahui bersama bahwasannya Ulama Empat Madzhab bersepakat akan hukum dari pelaksanaan sholat dhuha adalah SUNNAH hukumnya. Yang memiliki arti jika dikerjakan mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan tidak berdosa.

Namun juga kita perlu ketahui pula bahwa perkara sunnah merupakan amaliyah tambahan yang perlu diperhatikan, karena dari ibadah-ibadah sunnah ini akan menutupi kekurangan-kekurangan dari amaliyah ibadah wajib.

Adapun dalil dari hukum sunnahnya pelaksanaan sholat dhuha sebagai berikut :
Dari Abu Dzar radhiallahu’anhu, Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wasallama bersabda,

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ

وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ

وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ

وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

“Di pagi hari ada kewajiban bagi seluruh persendian kalian untuk bersedekah. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir adalah sedekah. Demikian juga amar ma’ruf dan nahi mungkar adalah sedekah. Semua ini bisa dicukupi dengan melaksanakan shalat dhuha sebanyak dua raka’at” (HR. Muslim no. 720).

Dari Buraidah Al Aslami radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

في الإنسانِ ثلاثُ مِئةٍ وسِتُّونَ مَفصِلًا؛

فعليه أن يتصدَّقَ عن كلِّ مَفصِلٍ منه بصدَقةٍ،

قالوا: ومَن يُطِيقُ ذلك يا نبيَّ اللهِ ؟

قال: النُّخَاعةُ في المسجِدِ تدفِنُها، والشَّيءُ تُنحِّيهِ عن الطَّريقِ،

فإنْ لم تجِدْ فركعَتا الضُّحَى تُجزِئُكَ

“Manusia memiliki 360 sendi, diwajibkan untuk bersedekah sedekah untuk setiap sendinya”. Para sahabat bertanya, ”Siapa yang mampu melakukan demikian, wahai Nabi Allah?”. Nabi bersabda, ”Cukup dengan menutup dahak yang ada di lantai masjid dengan tanah dan menghilangkan gangguan dari jalanan. Apabila engkau tidak mendapatinya, maka lakukanlah dua raka’at shalat Dhuha yang itu bisa mencukupimu” (HR. Abu Daud no.5242)

Tata Cara Sholat Dhuha

Bacaan Niat Sholat Dhuha

Berikut Bacaan Niat Sholat dhuha dalam Bahasa Arab

اُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ أَدَاء للهِ تَعَالَى

Berikut Bacaan Niat Sholat dhuha Latin

Ushollii sunnaatadluhaa rak’ataini mustaqbil alqiblati adaa-a llillaahi ta’aala.

Tata Cara Sholat Dhuha

Perlu diketahui bahwa sholat sunnah dhuha hanya dikerjakan di satu waktu, yaitu di pagi hari setelah matahari terbit terlihat tingginya setinggi tombak dan diperkirakan pukul 06.30 waktu setempat sudah bisa melaksanakan sholat dhuha.

Adapun sebelum lanjut ke cara mengerjakan sholat dhuha, perlu diketahui terlebih dahulu akan Syarat dan Rukun dari pada sholat dhuha itu sendiri.

Syarat dan Rukun Sholat Dhuha

Adapaun Syarat dari sholat dhuha ialah sama seperti syarat dari sholat wajib dan sunnah lainnya.

Baca Juga : Syarat dan Rukun Sholat

Cara Sholat Dhuha

Sebagaimana sholat sunnah-sunnah lainnya, secara fadilah atau keutamaan jumlah sholat dhuha dikerjakan sebanyak 8 rakaat, dan paling minimal dikerjakan jumlahnya ialah sebanyak dua rakaat saja.

Adapaun tata cara sholat dhuha sebagai beriku:
– Melafadkan Niat bacaan sholat dhuha
– Takbiratul ihram, diikuti dengan membaca doa iftitah
– Membaca surah al Fatihah
– Membaca surah-surah pendek (dianjurkan membaca surah asy Syamsiah di rakaat pertama dan ad Dhuha di rakaat kedua)
– Ruku’ dan tuma’ninah
– I’tidal
– Sujud pertama
– Duduk diantara dua sujud
– Sujud kedua
– Berdiri untuk melanjutkan rakaat kedua

Seteleh mengerjakan sholat dhuha, dianjurkan untuk membaca doa dan doa yang dianjurkan dibaca setelah antara lain ada dibawah ini, demikian itu mengenai tata cara sholat dhuha.

Bacaan Sholat Dhuha Benar dan Lengkap

Berikut Bacaan Doa Sholat dhuha dalam Bahasa Arab

اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَائُكَ وَاْلبَهَاءَ بَهَائُكَ وَاْلجَمَالَ جَمَالُكَ

وَاْلقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَاْلقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَاْلعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللَّهُمَّ اِنَّ كَانِ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ

وَاِنْ كَانَ مُعْسِرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَّهِرْهُ

وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ

وَقُوَّتِكَ وَ قُدْرَتِكَ آتِنِى مَآآتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Berikut Bacaan Doa Sholat dhuha Latin

ALLAHUMMA INNADHDHUHA-A DHUHA-UKA, WALBAHAA-ABAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWAATUKA, WAL QUDROTA QUDROTUKA, WAL ‘ISHMATA ISHMATUKA.

ALLAHUMA INKAANA RIZQII FISSAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’SIRON FAYASSIRHU, WAINKAANA HAROOMAN FA THOHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QORIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDROTIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBAADAKASH SHOOLIHIiN.

Fadhilah Keutamaan Sholat Dhuha

Perkara ibadah sunnah tentu menjadi hal yang ringan namun berat untuk dilakukan, terlebih pada diri yang belum membiasakannya sejak dini, alih-alih ingin mengerjakan sholat dhuha namun lupa lantara buru-buru untuk berangkat sekolah, berkerja dan lain sebagainya.

Sholat dhuha memiliki keutamaan atau fadhilah yang amat besar, dan sayang jika ditinggalkan begitu saja tanpa ada alasan yang tepat. Keutamaannya ialah sholat dhuha sebagai pengganti dari kewajiban bersedekah untuk semua persendian yang ada dalam tubuh kita.

Dengan mengerjakan sholat dhuha, berarti kita telah mengeluarkan sedekah dari persendian yang kita miliki ini di tiap waktunya sebagaimana hadist yang ada di penjelasan awal di atas.

Demikian tulisan ini kami buat untuk menjelaskan tentang bagaiaman Bacaan Sholat Dhuha Benar dan Lengkap, sehingga kita bisa bersama-sama untuk tetap belajar dan memperaktekkan apa yang telah dipelajari secara bertahap dan istiqomah.

Sumber :
https://muslim.or.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *