bacaan Doa-Qunut

Bacaan Doa Qunut dan Artinya

Posted on

Klik1ayat.com – Sebagai muslim yang selalu melaksanakan ibadah Shalat subuh berjamaah, maka bacaan doa qunut tidaklah begitu asing ditelinga. Sebab bacaan doa qunut selalu dibaca di saat shalat subuh setelah rukuk ke dua (waktu i’tidal) dari dua rakaat shalat subuh.

Doa qunut sendiri hukumnya ialah sunnah muakkad sebab qunut termasuk dalam kategori sunnah ab’adl, dan ini menurut pandangan dari kalangan syafi’i seperti Imam al Ghazali, Imam Nawawi, Imam Ibnu Hajar al Haitami dll.

Dan tentu pembacaan doa qunut itu sendiri berdasarkan dari sabda Nabi Muhammad SAW :

“Dari Sahabat Anas bin Malik r.a, sesungguhnya Nabi SAW membaca qunut selama satu bulan penuh untuk mendoakan orang-orang, kemudian beliau meninggalkannya. Adapun di waktu subuh beliau tidak pernah meninggalkan qunut sampai beliau meninggal dunia.”(HR. Imam Baihaqi dan Daruqutni)

Adapun bacaan doa qunut yang dibaca sebagai berikut :

اللهم اهدني فيمن هديت, وعافني فيمن عافيت, وتولني فيمن توليت, وبارك لي فيمآ اعطيت,وقني برحمتك شر ماقضيت. فإنك تقضي ولايقضى عليك, وإنه لايذل من واليت, ولايعز من عاديت, تباركت ربنا وتعاليت, فلك الحمد على ما قضيت, استغفرك واتوب اليك, وصلى الله على سيدنا محمد النبي الأمي وعلى اله وصحبه وسلم

Arti dari bacaan doa Qunut sebagai berikut

ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimping. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah engkau beri kekuasaan. Dan tidaklah akan mulia orang yang memusuhi, Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-MU atas Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah engkau pastikan, aku mohon ampunan dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh Keluarganya dan sahabatnya.

Nah itulah doa qunut dan artinya, semoga dapat bermanfaat dan bisa diamalkan dalam tiap waktu shalat subuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *