Menu Takjil Terfavorit Saat Menjelang Berbuka Puasa di Bulan Ramadhan

0
15 views
takjil-buka-puasa
takjil-buka-puasa

klik1ayat.com, Alhamdulillah kali pertama kita ucapakan sesaat mendekati bulan Ramadhan, Ramadhan di setiap tahunnya sangatlah berbeda, berbeda semangat ibadahnya dan berbeda pula menu buka puasa (takjil) yang dihidangkan.

Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia takjil dengan beberapa menu merupakan keharusan, bahkan kurang lengkap rasanya jika takjil hanya dengan satu gelas air dan kurma walapun itu yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw. Khususnya tiap-tiap daerah yang ada di Indonesia mempunyai cara sendiri dalam menyiapkan menu takjil bagi keluarga mereka dirumah, namun di bulan puasa juga ramai-ramainya pedagang takjil yang bermunculan berjualan takjil dengan berbagai macam rasa dan warna yang dapat menggugah selera berbuka puasa.

Berikut adalah menu-menu takjil terfavorit bagi masyarakat Indonesia di saat bulam Ramadhan.

  1. Kolak
Kolak Klik 1 ayat
Kolak Klik 1 ayat

Sebagian orang lebih memilih berbuka puasa dengan kolak, karena rasa yang manis dan segar menjadi pilihan favorit. Isi kolak pun bermacam-macam ada isian ubi, pisang, nangka, durian, kacang hijau, dll sekiranya menu kolak itu mantap dan nikmat ketika disantap saat berbuka puasa.

2. Es Buah/ Es Campur

es buah klik 1 ayat
es buah klik 1 ayat

Es Buah juga menjadi santapan takjil di saat berbuka puasa, untuk buahnya sendiri tergantung ketersediaan dan selera masing-masing. Namun kebanyakan es buah yang disuguhkan itu berisi semangka, melon, apel, buah naga, agar-agar, kolang-kaling, cincau, nangka dll dan yang pastinya apa yang nikmat dan buah apa yang ada itulah yang akan dipersiapkan untuk takjil.

3. Minuman yang manis dan dingin (Sirup, Es Kopyor, es Teh/Teh anget, Susu, Jus dll)

Sirup klik 1 ayat
Sirup klik 1 ayat

Mungkin sebagaian orang lebih menikmati berbuka puasa dengan minuman-minuman yang dingin, dengan alasan biar lebih terasa leganya ataupun dengan minuman yang hangat agar tubuh tidak kaget dengan makanan atau minuman sebab seharian berpuasa.

4. Cendol

cendol klik 1 ayat
cendol klik 1 ayat

Nah ini termasuk kuliner yang merakyat, siapa saja dapat membuatnya dan siapa saja bisa membelinya bahkan tidak hanya dibulan puasa saja minuman ini bisa ditemukan. Cendol juga menjadi salah satu menu favorit untuk takjil, dengan rasa yang manis dan nikmat dengan campuran berbagai macam di dalamnya menjadi tambah nikmat disantap di waktu berbuka terlebih kalau disajikan dengan tambahan es batu,…. bikin ngiler klw ini heheheheh

5. Gorengan

gorengan klik 1 ayat
gorengan klik 1 ayat

Ini juga tidak boleh ketinggalan, disamping ada minuman juga harus ada gorengan yang tersedia diatas meja sebagai pendamping takjil. Gorengan pun bermacam-macam ada pisang goreng, bakwan, korket, risoles dan lain-lain dan pastinya nikmat disantap berbarengan dengan minuman yang telah disajikan.

6. Jelly, Agar-agar dan Pudding

puding klik 1 ayat
puding klik 1 ayat

Kalau ini salah satu kesukaan mimin, apalagi disantap disaat dingin wow tambah nikmat itu rasanya dan sangat pas dijadikan menu takjil tambahan.

7. Bakso, Soto dan Sop

Soto klik 1 ayat
Soto klik 1 ayat

Dan menu ini sudah termasuk makana berat kalau ditambakan nasi saat dihidangkan, tapi cocok juga sebagai menu takjil sembari makan malam hehehe.

Sebenarnya masih banyak makanan dan minuman lainnya yang bisa dijadikan menu takjil di bulan puasa ini, namun menu-menu yang ada merupakan menu yang familiar dan biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Disamping itu dalam berbuka hendaknya tidak meninggalkan sesuatu yang berkaitan dengan sunnah-sunnah Nabi, semisal berdoa sebelum dan sesudah berbuka (makan/minum) dan memilih hidangan takjil yang sekedarnya (tidak berlebihan) serta dianjurkan juga untuk bisa memulai dengan meminum air putih dan kurma, dan agar puasanya lebih sempurna sebisa mungkin sunnah-sunnah yang adapun.

Semoga puasa kita di Ramadhan ini 1439 H dapat lebih baik dari Ramadhan yang lalu dan dapat pula meningkatkan amal ibdah serta iman dan ketakwaan kita kepada Allah Swt. amien amien

Komentar di sini aja !!!